Bagaimana Aplikasi Knowledge Management di Tokopedia?
Bagaimana Aplikasi Knowledge Management di Tokopedia?
Mata kuliah Manajemen Pengetahuan merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Administrasi Bisnis. Untuk menambah wawasan bagi para mahasiswa, maka pada hari Sabtu, 19 Desember 2020 telah diselenggarakan kuliah umum secara online. Kuliah umum ini diberikan agar mahasiswa memiliki gambaran terkait bagaimana aplikasi dari knowledge management di dalam perusahaan. Kegiatan ini bertujuan untuk melengkapi pengetahuan mahasiswa terkait knowledge management yang sudah disampaikan oleh dosen di kelas masing – masing, yang mana di kelas masih lebih banyak dikenalkan dari segi teori.
Pemateri pada saat kuliah umum menjabarkan dengan detil terkait bagaimana knowledge management diterapkan di dalam kehidupan berorganisasi. Adapun hal – hal yang dibahas adalah bagaimana budaya organisasi, tenaga kerja yang kompeten, serta dukungan teknologi pada Tokopedia saling berkaitan satu sama lain di dalam pengembangan pengetahuan (knowledge) sehingga dapat dikelola dan dipergunakan dengan baik untuk kemajuan perusahaan. Selain itu, dijelaskan pula bagaimana kegiatan berbagi pengetahuan (knowledge sharing) begitu berperan di perusahaan tersebut sehingga Tokopedia mampu melakukan banyak inovasi. Di dalam kegiatan berbagi pengetahuan tersebut, Tokopedia menyediakan berbagai platform yang dapat digunakan oleh seluruh karyawannya, sehingga walaupun karyawan tidak hadir secara fisik di kantor, namun tetap dapat melakukan pekerjaan dengan baik tanpa kendala. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi perusahaan, terutama pada kondisi pandemi seperti saat ini.
Penyampaian materi yang begitu apik dan mudah dipahami membuat sesi tanya jawab berjalan dengan sangat seru, karena banyak mahasiswa yang mengajukan pertanyaan seputar materi yang disampaikan. Bahkan, sampai dengan sesi tersebut selesai, masih ada beberapa mahasiswa yang terpaksa tidak tertampung pertanyannya.