Kurir Digital Lokal Solusi UMKM Bangkit
Berbagai upaya dilakukan Pemerintah dalam membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bangkit dari keterpurukan usaha akibat wabah COVID-19. Salahsatu upaya yang dilakukan dengan mendorong UMKM menuju Go-Digital.
Salah satu permasalahan yang dihadapi UMKM di masa pademi ini, tingginya biaya pengiriman barang dikarenaka biaya transportasi yang mengalami kenaikan. Hal ini tentu saja membuat pelaku UMKM harus menaikan harga jual yang cukup besar untuk menutupi biaya operasional pengiriman barang .
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Komunikasi Bisnis (FKB) dan Fakultas Ilmu Terapan (FIT) menyelenggarakan kegiatan PkM untuk mendukung program SDGs pada point 8 mengenai Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi dengan pembuatan Platform Pendistribusian Produk (E-Commerce) Lokal yang diujicobakan pada Komunitas UMKM Gayatri Mahardika agar dapat mendistribusikan produknya lebih luas.
Kegiatan kolaborasi ini tidak hanya platform kurir digital tetapi didalamnya terdapat pemberdayaan masyarakat setempat yang dapat direkrut dan diberikan pelaltihan sebagai kurir untuk mendistribusikan produk-produk UMKM secara mudah dengann biaya pengiriman yang terjangkau bagi pelaku usaha UMKM, ujar Ketua PkM Kolaborasi Universitas Telkom, Dr. Agus Maolana Hidayat.
Ibu Firli Widhikirana, selaku Ketua Komunitas UMKM Gayatri Mahardika menyambut baik program yang diberikan oleh Tim kolaborasi PkM FKB dan FIT. Beliau berharap melalui kegiatan ini dapat membantu mendongkrak penjualan pelaku usaha UMKM sehingga dapat bertahan dan terus maju ditengah badai krisis ekonomi yang disebabkan Pademi Covid-19.
Terakhir dengan adanya platform kurir digital mampu merentaskan kemiskinan dengan terwujudnya desa yang mengenal digitalisasi UMKM dan transparansi pendistribusian produk pelaku usaha UMKM khususnya komunitas Gayatri Mahardika.
Harapan kedepan, Komunitas UMKM Gayatri Mahardika dapat dijadikan percontohan UMKM go digital dengan penggunaan distribusi kurir digital sebagai solusi pengiriman pesanan barang kepada konsumen secara hemat, efisien dan tepat waktu.