Apa Itu Marketing Komunikasi Itu dan Bagaimana Penerapannya?
Marketing komunikasi sangat penting bagi perusahaan supaya produk atau jasanya dikenal masyarakat, lalu apa itu marketing communication dan bagaimana penerapannya?
Istilah marketing communication sudah sering didengar saat ini. Sering juga disebut dengan nama marketing komunikasi. Istilah tersebut juga mengacu pada strategi yang dipakai oleh perusahaan untuk mencapai targetnya melalui berbagai cara.
Tapi sebenarnya tugas marketing communication tidak sesederhana itu. Bahkan tugasnya menjadi sangat penting bagi sebuah perusahaan. Mengapa sangat penting? Berikut penjelasan arti dan penerapan dari marketing communication.
Tentang Marketing Komunikasi
Marketing komunikasi adalah segala sesuatu berupa pesan dan media dari perusahaan untuk upaya berkomunikasi dengan pasar. Bentuk dari marketing tersebut bisa bermacam-macam, Bisa berupa iklan, branding, pemasaran langsung, presentasi sales, sponsor, aktivitas online, dan sebagainya.
Konsep paling penting dalam marketing communication adalah cara pemasarannya kepada sasarannya. Jika pemasarannya menarik dan unik, kemungkinan produk tersebut akan laku terjual. Pembeli pun bisa kembali membeli produk tersebut.
Tapi bukan tidak mungkin konsep tersebut menjadi gagal untuk mendapatkan konsumen. Kegagalan tersebut biasanya akibat dari pemilihan metode pemasaran yang salah dan tidak sesuai. Pastikan sebelumnya menentukan positioning perusahaan supaya tidak mengalami kegagalan.
Oleh karena itu, adanya marketing communication sangat penting bagi sebuah perusahaan. Pemakaian yang tepat bisa membuat pemasaran produk bisa berjalan dengan lancar, atau bisa saja sebaliknya.
Hal pertama yang membuat marketing communication penting adalah membuat brand awareness untuk masyarakat. Berlaku bagi semua perusahaan, baik yang baru atau lama.
Hal kedua adalah berperan untuk mengubah pandangan masyarakat. Bukan tidak mungkin seringkali terjadi kesalahpahaman sering terjadi di masyarakat terkait dengan produk atau jasa dari perusahaan.
Tujuan ketiga adalah memotivasi supaya konsumen terus melakukan pembelian. Biasanya metode ini memakai iklan persuasif, yang isinya sebagian besar tentang manfaat produk atau jasa perusahaan tersebut dibandingkan dengan kompetitor lainnya.
Selain itu, bisa juga memakai cara lainnya. seperti mencoba produk secara gratis atau pemberian sampel produk supaya konsumen bisa memakainya untuk pertama kali. Tujuan dari pemasaran tersebut supaya masyarakat mengetahui produk tersebut.
Itulah beberapa hal penerapan dari marketing communication. Tertarik untuk mencoba berkarir dalam bidang tersebut. langsung saja masuk jurusan marketing communication di Telkom University yang sudah terjamin kualitasnya. Kunjungi website resmi Telkom University untuk informasi lebih lanjut