Apa yang Dimaksud Digital Marketing Komunikasi Pemasaran
Apa sebenarnya digital marketing komunikasi pemasaran? Bagaimana ini diimplementasikan dalam pemasaran modern?
Salah satu aspek penting dalam dunia bisnis adalah komunikasi. Termasuk di dalamnya komunikasi pemasaran. Dan di era modern, digital marketing komunikasi pemasaran menjadi salah satu elemen krusial yang tidak boleh luput untuk Anda maksimalkan.
Apa tujuan Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran adalah proses penyampaian informasi terkait produk dan program promosi dari produk bersangkutan kepada masyarakat. Tujuannya, dengan tersampaikannya informasi tersebut akan muncul respon positif masyarakat terhadap produk dan program yang disampaikan tersebut.
Tentu saja ujung dari proses komunikasi pemasaran ini adalah terjadinya penjualan dengan optimal. Atau tercapainya target penjualan sebagaimana telah direncanakan sebelumnya.
Tetapi lebih dari itu, diharapkan komunikasi pemasaran ini juga dapat membentuk pencitraan atas produk. Sehingga masyarakat mengenal produk dengan lebih dekat dan menjadikan produk sebagai bagian dari mereka.
Implementasi Digital Marketing Komunikasi Pemasaran
Dan di era serba modern dimana dunia teknologi digital berkembang demikian pesat. Tak ayal komunikasi pemasaran juga perlu memanfaatkan perkembangan tersebut. Ada sejumlah alasan mengapa langkah ini menjadi penting.
Alasan utamanya karena digital marketing komunikasi pemasaran akan membantu perusahaan mengenalkan produk dengan lebih optimal. Karena di jaman sekarang, masyarakat demikian dekat dengan dunia digital. Bahkan masyarakat merasa lebih dekat dengan dunia digital dibandingkan televisi.
Mulai dari sosial media, youtube dan media video online lain, website dan masih banyak lagi. Dengan fakta ini, maka sudah seharusnya perusahaan memanfaatkan ini sebagai media pemasaran.
Lebih dari sekedar memasang iklan pada televisi. Digital marketing komunikasi pemasaran adalah dengan memanfaatkan seluruh bagian dari dunia digital untuk tujuan pengenalan produk, profil perusahaan sampai promo promo dan program dari perusahaan.
Implementasinya bisa diawali dengan membangun komunikasi dua arah di sosial media. Tidak sekedar berbagi konten di Instagram, facebook atau twiter yang mewartakan produk dan program promo. Tetapi juga menyediakan admin yang menjawab setiap pertanyaan dan complain yang masuk baik di komentar maupun di laman pesan.
Kemudian buat promosi produk melalui kemitraan atau endorsement. Melibatkan tokoh tokoh influencer yang berkaitan dengan produk. Ini juga bisa membantu membangun pencitraan positif di masyarakat.
Anda juga bisa memanfaatkan sarana media digital lain seperti konten audiovisual pada youtube untuk mengenalkan produk dan profil perusahaan lebih jauh. Bahkan dengan menyediakan sarana telemarketing via whatsapp untuk memaksimalkan komunikasi dua arah dengan lebih lancar.
Itu sedikit gambaran soal bagaimana digital marketing komunikasi pemasaran di era modern dilangsungkan. Dan bagaimana ini akan menjadi jembatan dua arah yang lebih optimal untuk komunikasi perusahaan dan konsumen. Kunjungi website resmi Telkom University untuk informasi lebih lanjut