Cloud Catalog dan Pengintegrasian Market Place dan Sosial Media untuk Membantu Penjualan UMKM di Era New Normal
Cloud Catalog dan Pengintegrasian Market Place dan Sosial Media untuk Membantu Penjualan UMKM di Era New Normal
UMKM menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) tahun 2018 ada sekitar 64.194.057 buah, dengan daya serap angkatan kerja sebanyak 116.978.631, kurang lebih ini setara dengan lebih dari 90 % banyaknya unit usaha dan persentase serapan tenaga kerja di sektor ekonomi sisanya terbagi pada sektor industri besar. Beberapa hasil riset terakhir sejak era pandemi ini berlangsung lebih dari 50 % UMKM mengalami penurunan omzet penjualan. Tetapi UMKM yang bergerak di sektor kuliner cukup bertahan menghadapi kondisi pandemi ini.
UMKM biasanya berkumpul pada komunitas atau paguyuban UMKM untuk saling sharing dan memperkuat bisnisnya masing-masing. Fungsi komunitas atau paguyaban disini sangatlah penting karena kondisi semua UMKM dan kemampuanya yang tidak sama, maka komunitas atau paguyuban berperan sebagai penyeimbang dan penguat. Oleh sebab itu maka komunitas atau paguyuban harus diperkuat oleh elemen-elemen masyarakat lain seperti elemen perguruan tinggi.
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Kolaborasi Internal 2020-2 kali ini mengangkat judul “Cloud Catalog dan Pengintegrasian Market Place dan Sosial Media untuk Membantu Penjualan UMKM di Era New Normal”. PkM ini dilaksanakan oleh tim dosen Fakultas Komunikasi dan Bisnis (program studi S1 Administrasi Bisnis dan S1 Ilmu Komunikasi) berkolaborasi dengan tim dosen Fakultas Ilmu Terapan (program studi D3 Sistem Informasi, D3 Manajemen Pemasaran).
Selain itu, kegiatan ini berkolaborasi dengan startup mahasiswa Smespedia.id, yang membantu mengelola aplikasi yang dibangun dan diinstall di tautan ppkm.info. PkM ini tergabung dalam rangkaian kegiatan rutin komunitas StartUpHub.id dan KoRAL (Komunitas Riset Antar Lab) di kedua Fakultas tersebut sebagai wujud dukungan untuk IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja).
Pada PkM Cloud Catalog ini diberikan bantuan berupa peralatan perangkat komputer multimedia yang diharapkan dapat membantu paguyuban UMKM untuk memfasilitasi anggotanya dalam teknologi informasi dan konten kreatif. Serta diberikan website PPKM.info untuk digunakan sebagai official website umkm untuk katalog dan market place yang sudah terintergrasi dengan media sosial.
Rangkaian acara dilakukan selama kegiatan ini mulai dari edukasi mengenai marketing dan konsumen, sosialisasi aplikasi di acara Webinar Abdimas (Pengabdian kepada Masyarakat) pada tanggal 6 Januari 2021. Selanjutnya kegiatan ini akan berkelanjutan dan berkerjasama dengan Startup Mahasiswa – Smespedia untuk keberlanjutan kegiatan baik di edukasi UMKM, pengelolaan Teknologi Informasi dan dukungan marketing digital.