KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYRAKAT DOSEN FAKULTAS KOMUNIKASI DAN BISNIS TELKOM UNIVERSITY 2021: PELATIHAN ENGLISH FOR BUSINESS UNTUK MENINGKATKAN SKILL KOMUNIKASI PERSUASIF PELAKU UMKM DI RUMAH BUMN BANDUNG SEPTEMBER-NOVEMBER 2021

KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYRAKAT DOSEN FAKULTAS KOMUNIKASI DAN BISNIS TELKOM UNIVERSITY 2021: PELATIHAN ENGLISH FOR BUSINESS UNTUK MENINGKATKAN SKILL KOMUNIKASI PERSUASIF PELAKU UMKM DI RUMAH BUMN BANDUNG SEPTEMBER-NOVEMBER 2021

Semakin meningkatnya perkembangan dunia usaha secara digital di era new normal ini tentunya memerlukan tenaga kerja yang kompeten dengan memiliki soft skill. Perubahan ekonomi digital ini bersifat global dan tentunya  menuntut keterampilan berkomunikasi  (soft skill komunikasi) dalam bahasa asing yang tinggi seperti halnya kebutuhan akan kompetensi budaya yang harus diperhitungkan saat menjalankan bisnis. Beberapa penelitian menyarankan bahwa sangat penting bagi UMKM domestik untuk mengadopsi strategi untuk menghadapi hambatan komunikasi saat memasuki pasar asing baru, karena hal ini juga akan mengarah pada pengurangan hambatan budaya, dan membantu perusahaan domestik dalam mencapai peningkatan daya saing di pasar global.

Mengasah kemampuan berkomunikasi selama masa pandemi Covid-19 ini sejatinya dibutuhkan oleh pelaku UMKM dalam mengembangkan keterampilan yang bermanfaat di masa depan khususnya di masa pasca pandemi. Di tengah ketidakpastian ini, para pelaku UMKM harus tetap positif dan produktif dengan fokus memperkuat dan mengikuti berbagai keterampilan diri. Salah satunya adalah keterampilan berbahasa sebagai salah satu soft skill komunikasi yang sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM dalam perdagangan digital khususnya dalam mempromosikan produk atau jasa usahanya di media sosial,  berkorespondensi melalui email atau bernegosiasi dengan mitra atau calon konsumen di dunia internet di mana tidak ada batasan dalam ruang dan waktu. Dengan peningkatan keterampilan atau softskill komunikasi diharapkan  para pelaku UMKM dapat memaksimalkan internet sebagai media marketing.

UMKM Binaan Rumah BUMN Bandung memiliki potensi yang sangat baik untuk dikembangkan dan berpotensi eksport import. Namun  untuk penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris, UMKM binaan Rumah BUMN Bandung masih menghadapi beberapa permasalahan. Berdasarkan gambaran situasi serta potensi yang dimiliki oleh UMKM anggota Rumah BUMN Bandung terdapat dua permasalahan utama yang dihadapi para pelaku UMKM binanaan Rumah BUMN Bandung diantaranya:

  1. Kurangnya kemampuan mengenalkan dan mempromosikan produk mereka kepada konsumen utamanya dari luar negeri dalam berbahasa Inggris
  2. Terbatasnya Kemampuan komunikasi berbahasa Inggris, antara lain: minimnya kepemilikan kosakata bahasa Inggris, kemampuan mengucapkan bahasa Inggris masih rendah, kemampuan gramatika bahasa Inggris baik bahasa Lisan ataupun bahasa tulis masih rendah

Berdasarkan  gambaran di atas,  sebagai bentuk Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdan Kepada Masyarakat, dosen-dosen Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University merasa perlu untuk memberikan  Pelatihan English for Business kepada pelaku UMKM binaan Rumah BUMN Bandung tersebut. Kegiatan Pelatihan Bahasa Inggris ini  diprakarsai  oleh Dr. Iis Kurnia Nurhayati, S.S.M.Hum dan tim dosen Fakultas Komunikasi dan Bisnis dan diberikan selama 3 bulan yaitu bulan September- November 2021. Kegiatan ini tidak bisa hanya diakomodasi dalam 1 kegiatan PKM namun harus dilakukan kegiatan berkelanjutan karena terkait softskill memang harus dilakukan secara berkala. Program pelatihan bahasa IPKM ini diberikan kepada 20  UMKM yang telah dikurasi oleh Rumah BUMN Bandung dengan materi diantaranya adalah : bagaimana memperkenalkan produk dan usaha dalam Bahasa Inggris, Bahasa Komunikasi Sederhana dengan Pihak Luar Negeri pada Business Matching, Membuat email penawaran dalam Bahasa Inggris, Company profile dan lainnya.

Melihat permasalahan dari pelaku UMKM berkaitan dengan kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris tersebut sehingga dirumuskan materi pelatihan seperti; untuk meningkatkan pembendaharaan kosakata pelatih merangsang dengan menunjukkan gambar berbahasa Inggris dan menujukkan arti setiap kata bahasa Inggris dalam latihan membaca, menulis dan praktek pada percakapan dipelatihan serta dilakukan pengoreksian, pegulangan kosa kata apabila mereka belum bisa memahami arti kosakata.

Untuk materi pronouciation, materi diberikan dengan memberikan contoh ucapan yang benar lebih dahulu sebelum pembelajar mempraktekkan ucapan pada teks, kemudian diberi kesempatan untuk mempraktekkan ucapan bahasa Inggris dengan benar, pengajar memberikan pembetulan apabila ditemukan kesalahan dalam ucapan baik secara langsung. Materi gramatika diberikan secara ketika pembelajar menemukan persoalan dalam teks. Materi berkaitan dengan komunikasi lisan diberikan dalam bentuk praktek jual beli, tawar-menawar serta promosi produk.

Adapun rincian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University untuk meningkatkan daya saing UMKM binaan Rumah BUMN Bandung dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Telah dilakukan penggalian permasalahan dan kurasi UMKM yang mengikuti pelatihan ini
  2. Telah disusun  modul pelatihan dan  ditentukan mentor serta Program Kegiatan
  3. Telah dilakukan pembekalan tentang entrepreneurship terhadap pelaku UMKM, bagaimana potensi ekspor impor yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM
  4. Pelatihan Bahasa Inggris berkala yaitu Seminggu 1x lama 3 Bulan untuk dilihat bagaimana peningkatan dan penyerapan materi oleh UMKM

Dengan penguasaan bahasa Inggris ini diharapkan masyarakat Indonesia, khususnya pelaku UMKM mempunyai bargaining power yang lebih besar. Tentunya belajar bahasa Inggris memerlukan waktu yang tidak sebentar dan biaya yang tidak sedikit, selain itu juga harus dilatih secara konsisten tetapi setelah dapat menguasai dan lancar berbahasa Inggris maka akan terasa manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *