Mengenal Public relation: Tugas, Skill, dan Gajinya!
Memahami profesi Public Relation yang sangat penting untuk perusahaan. Sehingga Anda juga harus memahami apa saja tugas dan keahlian yang dibutuhkan.
Setiap perusahaan modern tentunya memiliki hubungan dengan masyarakat luas. Oleh karena itu membutuhkan Public Relation atau PR sebagai kepanjangan tangan dari perusahaan. Sehingga baik dan buruknya sebuah perusahaan bisa terlihat dari kecakapan PR yang dimilikinya.
Pengertian Public Relation
Public Relation merupakan individu yang bergerak dalam sebuah tim dengan tugas utamanya mengelola informasi dan komunikasi dari sebuah perusahan. Nantinya, seorang PR akan berkomunikasi ke khalayak publik mewakili perusahaan.
Tugas Public Relation
Public Relation merupakan individu yang bergerak dalam sebuah tim dengan tugas utamanya mengelola informasi dan komunikasi dari sebuah perusahan. Nantinya, seorang PR (Public Relation) akan berkomunikasi ke khalayak publik mewakili perusahaan.
Seorang PR (Public Relation) memiliki tanggung jawab untuk mengelola hubungan antara perusahaan dan masyarakat. Sederhananya, PR (Public Relation) identik dengan hubungan masyarakat. Akan tetapi, fungsi utamanya sebagai media penyampai informasi ke masyarakat luas.
Selain masyarakat, PR (Public Relation) juga berkomunikasi aktif kepada klien dan pemangku kepentingan lain. Serta PR bertindak sebagai perwakilan dari sebuah perusahaan atau sebuah organisasi.
Aktivitas penting seorang PR adalah menjaga reputasi bisnis sebuah perusahaan menggunakan media untuk berkomunikasi, baik online maupun offline.
Jika ingin mendapatkan ilmu dasar untuk menjadi seorang PR bisa menimba ilmu di Telkom University. pada jurusan Public Relation Fakultas Komunikasi dan Bisnis akan mewujudkan cita-cita Anda menjadi seorang PR handal.
Skill dan Gaji PR
Secara garis besar, tugas seorang PR (Public Relation) adalah menjaga nama baik perusahaan dan mampu berkomunikasi dengan masyarakat luas. Anda juga harus mengetahui skill apa saja yang harus dimiliki seorang PR dan berapa besaran gajinya.
Skill PR
Ada beberapa keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang PR, antara lain:
Jurnalistik dan Kepenulisan
Seorang PR harus melakukan press release dan pidato sebagai tugas penting. Sehingga harus memiliki kemampuan untuk menulis dengan bagus.
Komunikasi Verbal
Selain itu, jurusan public relation harus mampu menyajikan informasi secara meyakinkan kepada masyarakat melalui media. Sehingga harus memiliki kemampuan komunikasi verbal yang mumpuni.
Relasi Media
jurusan public relation juga harus memiliki kemampuan untuk menggiring opini publik sehingga bisa menciptakan sentimen positif dan negatif. Sehingga PR harus memiliki relasi dengan media.
Teknologi
Seorang jurusan public relation harus memiliki kemampuan mengelola platform online, seperti media sosial dan website perusahaan.
Prospek Kerja Public Relation
Public Relation merupakan individu yang bergerak dalam sebuah tim dengan tugas utamanya mengelola informasi dan komunikasi dari sebuah perusahan. Nantinya, seorang PR akan berkomunikasi ke khalayak publik mewakili perusahaan.
Staf Public Relation fresh graduate memiliki kisaran gaji UMR sesuai peraturan setiap daerah. Sedangkan yang sudah berpengalaman memiliki variasi gaji antara Rp6.200.000 sampai Rp9.000.000.