Pemberdayaan Komunitas UMKM Gayatri Mahardika melalui Optimasi Pemasaran Digital dan E-Commerce di Era New Normal
UMKM Go digital menjadi fokus dalam program pemerintah saat ini dengan tujuan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan UMKM. UMKM menjadi pillar penting dalam perekonomian Indonesia, hal ini dikarenakan UMKM memiliki kontribusi yang sangat besar dalam Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Selain itu UMKM mampu menyerap setidaknya 97% dari daya serap dunia usaha pada tahun 2020.
Komunitas UMKM Gayatri Mahardika sebagai organisasi nonprofit yang memiliki program pembinaan UMKM menuju Go-digital memiliki masalah dalam pengenalan usaha dan pemasaran digital yang masih dilakukan secara manual dan menggunakan tool yang umum dipakai untuk pengenalan usaha menggunakan sistem penyebaran informasi dari mulut ke mulut serta pemasaran digital yang bersifat konvensional.
Tim Pengabdian kepada Masyarakat Kolaborasi (PkM-Kolab) terdiri dari dosen Fakultas Komunikasi dan Bisnis (program studi S1 Administrasi Bisnis) dan Fakultas Ilmu Terapan (Prodi D3 Sistem Informasi dan D3 Sistem Informasi Akuntansi) bersama mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul “Pemberdayaan Komunitas Umkm Gayatri Mahardika Melalui Optimalisasi Pemasaran Digital Dan E-Commerce Di Era New Normal”. Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan mahasiswa yang tergabung dalam komunitas StartUpHub.id dan KoRAL (Komunitas Riset Antar Lab) di kedua Fakultas.
Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, luaran kegiatan yang dihasilkan tim yaitu memberikan Platform Web Komunitas Gayatri Terintegrasi Web Ecommerce, Modul Pemasaran Digital & E-commerce, Pelatihan / Workshop Online, Tools Foto Produk, Redesain Kemasan Produk UMKM.
Solusi Pemberdayaan Komunitas UMKM Gayatri Mahardika Melalui Optimalisasi Pemasaran Digital dan E-commerce di Era New Normal diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pengetahuan mengenai pemasaran digital dan dapat memperbaiki sistem pemasaran dari setiap UMKM di Komunitas Gayatri Mahardika sehingga dapat bertahan di masa pandemi dan lebih berkembang sehingga dapat memperbaiki profit pendapatan.