Pentingnya Public Relation Officer dalam Era Teknologi
Tidak dapat dipungkiri keberadaan Public Relation Officer juga berhubungan dengan kemajuan teknologi. Teknologi digital membantu dalam melaksanakan tugasnya.
Public Relation Adalah
Public Relation atau yang biasa dikenal dengan Humas (Hubungan Masyarkat) adalah suatu proses interaksi antara suatu masyarakat dengan organisasi. Hubungan ini bertujuan untuk saling menguntungkan satu sama lain serta membangun hubungan timbal balik antara masyarakat dengan organisasi.
Fungsi Public Relation Officer di Era Digital
Beberapa pengaruh era teknologi digital yang akan membawa pengaruh bagi Fungsi Public Relation Office, antara lain:
Membangun Brand
Berkembangnya internet mengakibatkan kemudahan untuk mengakses informasi yang diinginkan. Hal ini juga memberikan pengaruh kepada seorang Public Relation untuk membangun reputasi dari sebuah brand perusahaan. Oleh karena itu, seorang Public Relation dituntut untuk memiliki kemampuan membangun reputasi.
Bukan hanya membangunnya melalui media konvensional, melainkan juga membangunnya melalui beberapa platform media digital. Setiap media digital memiliki demografi yang berbeda. Oleh karena itu, seorang PR harus melakukan research untuk mendukung usaha membangun reputasi tersebut.
Strategi Konten
Tahapan awal yang penting untuk sebuah brand adalah brand awareness. Pada era digital ini akan membantu brand bisa mencapai awareness dengan lebih mudah. Namun, untuk mencapai hal tersebut, seorang Public Relation harus membuat strategi konten untuk para konsumen sehingga bisa terkesan.
Tujuan utama dari brand awareness ini agar konsumen terkesan dengan sebuah brand. Ada beberapa strategi yang harus diterapkan, salah satunya membagikan konten yang relevan dari berbagai platform.
Sebuah konten yang mendukung sebuah brand juga bisa melibatkan konsumen secara langsung. Hal ini juga bisa menjaga komunikasi dua arah antara konsumen dan perusahaan.
Engagement
Era teknologi yang berkembang pesat juga memiliki peranan yang penting dalam kehidupan. Semua masyarakat atau konsumen merupakan pengguna aktif dari media sosial.
Sehingga perlu menarik minat masyarakat untuk mewujudkan engagement menggunakan brand ambassador. Memanfaatkan influencer juga bisa membangun hubungan antara brand dan konsumen jauh lebih baik.
Dari ketiga peranan seorang PR tersebut bisa terwujud jika mendapatkan ilmu yang sesuai. Telkom University menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki kualitas unggul para lulusannya karena kampus ini menyediakan program studi jurusan Public Relation. Sehingga bisa mewujudkan profesional yang siap kerja berkaitan dengan PR.
Pentingnya Public Relation Officer ini akan memanfaatkan era teknologi digital yang berkembang pesat. Sehingga tujuan komunikasi dua arah yang dibangun bisa terlaksana dengan baik.