PKM Kolaborasi Internal – Peningkatan Digital Marketing dan Penguatan Merek Di Media Digital pada Komunitas Sentra Kreasi

PKM Kolaborasi Internal – Peningkatan Digital Marketing dan Penguatan Merek Di Media Digital pada Komunitas Sentra Kreasi

Sudah lebih dari 1 tahun Pandemi COVID-19 membuat para UMKM merasakan dampak yang berat dari sisi ekonomi. Tidak semua UMKM dapat bertahan dan banyak yang merasakan penurunan omset. Padahal UMKM merupakan tombak utama yang dapat menggerakkan perekonomian di Indonesia. Karena itu, UMKM harus didukung bukan hanya dengan gerakan untuk membeli produk-produk UMKM tetapi harus meningkatkan kemampuan UMKM agar dapat memanfaatkan sarana digital untuk bisnisnya.

Saat pandemi COVID-19, pemasaran secara langsung (onsite) sulit untuk dilakukan, maka digital marketing merupakan alternatif yang dibutuhkan oleh UMKM. UMKM dapat menggunakan digital marketing untuk memasarkan produknya dengan cakupan yang lebih luas. Tidak hanya digital marketing saja, jika UMKM menilai bahwa mereknya belum pas atau tidak memiliki keunikan, maka UMKM dapat melakukan penguatan merek dengan memanfaatkan sarana media digital.

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Kolaborasi (PkM-Kolab) terdiri dari dosen Fakultas Ilmu Terapan (Prodi D3 Manajemen Pemasaran dan D3 Sistem Informasi) bersama Fakultas Komunikasi dan Bisnis (program studi S1 Administrasi Bisnis) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul “Peningkatan Digital Marketing dan Penguatan Merek Di Media Digital pada Komunitas Sentra Kreasi”. Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan mahasiswa yang tergabung dalam komunitas StartUpHub.id dan KoRAL (Komunitas Riset Antar Lab) di kedua Fakultas, dan menggandeng Startup Mahasiswa SMEspedia.id yang merupakan startup mahasiswa yang bergerak dilayanan all-in-one untuk UMKM. Mitra PkM kali ini adalah komunitas UMKM yang berada di Kecamatan Pameungpeuk yaitu Komunitas Sentra Kreasi.

Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, luaran kegiatan yang dihasilkan tim yaitu memberikan website untuk komunitas Sentra Kreasi di alamat sentrakreasi.com yang berfungsi untuk identitas komunitas, dan aplikasi website untuk media edukasi tentang digital marketing untuk para anggota UMKM di alamat edukasi.sentrakreasi.com. Luaran selanjutnya untuk menambah infomasi dan pengetahuan UMKM, tim membuat dan memberikan buku dengan judul “Belajar Digital Marketing untuk Komunitas UMKM”. Kemudian tim memberikan bantuan hibah berupa paket studio photo produk dalam ukuran besar dan mini yang dilengkapi alat microphone dan soundcard untuk merekam konten yang nantinya akan berguna untuk digital marketing.  

PkM ini tergabung dalam rangkaian kegiatan rutin komunitas StartUpHub.id dan KoRAL (Komunitas Riset Antar Lab) di kedua Fakultas tersebut sebagai wujud dukungan untuk memperkuat UMKM yang sejalan dengan program Pemerintah Republik Indonesia. Penutup kegiatan diakhiri dengan acara webinar pada tanggal 26 Juni 2021 dengan judul “Digital Marketing dan Penguatan Merk UMKM”. Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Pameungpeuk dan dihadiri oleh pengurus Komunitas Sentra Kreasi, tim dosen dan mahasiswa. Untuk rencana keberlanjutan, kegiatan PkM bersama mitra Komunitas Sentra Kreasi akan terus dilanjutkan diperiode berikutnya oleh startup mahasiswa SMEspedia bersama tim dosen. Keberlanjutan ini terus dijaga untuk membantu UMKM dengan baik dan secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *