Ruang Digital bagi Pelaku Usaha Penjualan Kebutuhan Ibu dan Anak
Universitas Telkom melalui kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) dan Fakultas Ilmu Terapan (FIT) menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat mengenai Implementasi Katalog Digital untuk Market Kebutuhan Ibu dan Anak pada Komunitas PPKM – Paguyuban Pengusaha Kecil dan Menengah (PPKM) Kab. Bandung.
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 16 Juni 2022 secara hybrid di Ko-Lab Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom serta media daring zoom, tujuan dari dilaksanakan kegiatan tersebut adalah agar Anggota PPKM dapat memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana pemasaran produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Meskipun sudah banyak yang menerapkan digital marketing berbasis internet dengan menggunakan media digital seperti sosial media, namun dirasa sangat penting untuk Anggota PPKM memiliki platform yang bisa menjadi pusat informasi produk produk yang diperjual belikan berdasarkan kategori kebutuhan.
Pada Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh Ibu Retno Setyorini,ST., MM Dosen Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Beliau dan Tim saat ini lebih menyoroti penjualan para pelaku usaha yang menawarkan kebutuhan Ibu dan Anak dikarenakan peluang dari kebutuhan market pada kategori tersebut cukup sangat besar. Tim merancang dan membuat sebuah platform berupa katalog digital seperti marketplace yang dapat terkoneksi dengan media sosial sehingga dapat mempermudah pengelolaan dan pemeliharaan produk yang mereka jual serta dapat meningkatkan engagement dengan para konsumen agar menjangkau target pasar yang lebih luas. Tidak hanya sampai tahap merancang dan membuat, TIM Abdimas Kolaborasi FKB dan FIT juga melakukan pelatihan serta pendampingan kepada para pengguna dalam pengelolaan platform katalog digital penjualan produk kebutuhan Ibu dan Anak tersebut agar lebih memastikan kembali bahwa para UMKM tersebut dapat menggunakan platform tersebut secara maksimal.
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dihadiri kurang lebih 22 Anggota PPKM ini selain untuk meningkatkan para UMKM agar melek digital tapi juga hal ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan serta memiliki target untuk Mencapai tingkat produktivitas ekonomi yang lebih tinggi, melalui diversifikasi, peningkatan dan inovasi teknologi, termasuk melalui fokus pada sektor yang memberi nilai tambah tinggi dan padat karya hal ini tentunya selaras dengan program SDGs. Pak Danny dari Ketua PPKM menuturkan “Katalog Digital Kebutuhan Ibu dan anak ini sangat bermanfaat bagi para penjual agar lebih mudah mengkategorikan produk produk jualannya serta dapat memberikan edukasi kepada para Ibu tentang bagaimana memilih produk makanan, pakaian dll yang aman buat anak “ selain itu juga beliau berharap “Semoga Kegiatan yang serupa dapat terus berlangsung agar terus bisa membantu para UMKM dalam melakukan pemasaran produk produk mereka yang lainnya ke dalam ruang digital.”